jump to navigation

Muter-Muter di Tagum Juli 24, 2010

Posted by joesti in Uncategorized.
trackback
keramaian sebuah sudut Tagum
PIC_0465

Di sela-sela mengajar di Tagum City, kami pun diajak jalan-jalan mengunjungi beberapa obyek. Sebagian besar kami mutar-mutar di beberapa mall di highway penghubung Davao – Monkayo. Tagum memang kota persimpangan untuk beberapa kota lain di Philipina Selatan. Selama di Tagum inilah aku lebih berkesempatan kuliner, mencoba berbagai rumah makan yang menyajikan masakan ala Philipina, tentu saja asal bukan fork. Tempat makan yang aku kunjungi Jollibee (KFC-nya Philipina), Chow King, Mang Ilasan (kalau di Indonesia seperti mbok Berek) dan hidangan-hidangan ala warung Indonesia.

koin di kolam, eman-eman ya
PIC_0537

Namanya juga nasib, mencari masjid di Tagum susah tapi menemukan gereja sangat mudah. Aku sempat diajak mengunjungi gereja Omega, yang konon gereja Katholik terbesar di Provinsi Davao Del Norte. Yang unik gereja ini menyimpan rosario terbesar di dunia. Rosario ditata di halaman belakang di atas sebuah kolam. Di kolam ini aku lihat banyak sekali koin uang, kata pemandu koin itu dilemparkan pengunjung sambil memanjatkan permohonan. Ingat cerita lembar kon ke sumur keberuntungan aja. Kunjungan ke sini. tentu saja hanya sekedar kunjungan di halaman, foto-foto bentar tanpa terlibat ritual sama sekali.

Dalam sebuah perjalanan aku sempat melihat sebuah bangunan atau lebih tepatnya gardu dengan tulisan Moslem Council for Woman Tagum City. Sayang tidak sempat mampir. Saat muter-muter di mall pun masih kujumpai satu-dua wanita berjilbab, bahkan kujumpai satu siswa putri berjilbab di TNTS. Memang tidak sebanyak saat di Davao, tapi setidaknya kami tahu kami punya saudara se-ukhuwah di sini.

Komentar»

1. dwi a - Juli 26, 2010

wah, baru kali ini saya sempat buka blog Pak Yos. dah banyak juga cerita di Filiphina. Subhanalloh… banyak pengalaman smoga tambah ilmu ya! putra-putri pak yos moga tambah cerdas! Selamat berjuang Pak Yos


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: