jump to navigation

Mencari Masjid sesi 1 Juli 9, 2010

Posted by joesti in Belajar.
trackback
Masjid di depan SuperMall, Davao City
masjid1

Masjid adalah moslem center, tempat berkumpulnya kaum muslim, kaum pemeluk agama Islam. Di tempat ini dilaksanakan berbagai kegiatan baik bersifat ibadah maupun muamalah. Maka sudah seharusnya kami mencari masjid, paling tidak kami segera mendapat tempat untuk melaksanakan shalat jumat yang pasti dilaksanakan di masjid. Pun saat bertugas di Philipina ini, menemukan masjid menjadi salah satu prioritas utama setelah kami menetap.

Davao City merupakan kota dengan penduduk yang beragam, meski tampaknya keragamannya tidak sebanyak di Singapura maupun Jakarta. Sebagian besar penduduk memeluk Roman Chatolic, pemeluk Islam menempati jumlah kedua terbesar. Mestinya masjid juga tidak terlalu sulit ditemukan.

Masjid Al Ikhlas KJRI Davao City
PIC_0292

Masjid pertama yang kami temui tentu saja masjid yang terletak di Konsulat Jenderal RI, yang terletak di Ecoland Drive, Matuna, Davao City. Masjid yang bernama Al Ikhlas ini secara ukuran tidak terlalu besar, berdaya tampung sekitar 200 orang. Di masjid ini aktiitas keislaman warga muslim Indonesia khususnya staf KJRI muslim dipusatkan. Pengajian, yasinan, hingga pesantren kilat ala sekolah Indonesia juga dilaksanakan di masjid ini. Masjid juga mempunyai perpustakaan dengan jumlah buku banyak dan beragam dan tentunya ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Sebagian buku koleksi masjid Al Ikhlas
PIC_0293

Sebagian besar koleksi berupa karya Quraish Shihab. Aku juga menemukan buku-buku yang menjadi trend saat masa kuliah dulu, seperti karya-karya Jalaludin Rahmat dan banyak lagi buku-buku yang pasti bermanfaat. Menurut informasi teman di konsulat, buku-buku tersebut umumnya disumbang oleh staf KJRI juga pembelian saat berkunjung ke Jakarta. Koleksi buku masjid Al Ikhlas ditempatkan dalam dua lemari besar menarik untuk dibaca.

Tidak jauh dari tempat kami menginap, House of Indonesia juga terdapat masjid. Informasi keberadaan masjid ini kami peroleh dari penjaga House of Indonesia. Perjalanan ke masjid ini cukup berjalan kaki sekitar 20 menit. Masjid terletak di jalan raya Matina, tepat di depan SuperMall. Masjid berukuran besar, berlantai dua, daya tampung sekitar 2000 orang. Masjid ini juga difungsikan sebagai Moslem Center, sehingga kami jumpai pula sekolah madrasah, taman bermain, kantin juga kantor. Aku belum eksplor lebih dalam ke masjid ini. Ketika aku jumatan di masjid ini, khutbah tidak disampaikan dalam bahasa Inggris. Aku tidak dapat menangkap isi khutbah, bahkan aku tidak tahu bahasa yang mereka gunaan, bahasa Tagalog atau bahasa Visaya. Aku pun mengkhayalkan saudara-saudara muslim luar Indonesia jika berkunjung dan melaksanakan jumatan di masjid-masjid di tanah air akan menemukan hal yang sama, tidak tahu apa yang khatib sampaikan. Di sinilah tampak sebuah kebesaran Islam, kita dipersatukan dalam sebuah ibadah yang tidak berbeda satu sama lain. Ibadah kita menggunakan bahasa Arab, universal untuk setiap muslim di dunia.

Tempat wudhu dilengkapi tempat duduk
PIC_0190

Satu hal yang menarik di masjid ini adalah pengaturan tempat wudhu. Tempat wudhu dilengkapi dengan kursi beton di setiap pancurn air. Jadi kita berwudhu sambil duduk, tidak seperti biasanya berwudhu dengan berdiri. Sehingga sambil berwudhu kita bisa beristirhat sejenak setelah berjalan kaki. Dengan duduk semestinya saat berwudhu bisa dilaksanakan lebih santai dan membasuh anggota badan lebih teliti. Lumayan juga untuk orang-orang yang berukuran besar yang biasanya kesulitan berwuddu dengan berdiri karena pancurannya terlalu rendah. Ide ini dapat ditiru, tapi yang pasti menghabiskan tempat.

Seiring waktu, kami akan berpindah ke kota lain dengan tugas yang sama. Dan di sana pasti kami kembali mencari rumah Allah yang lain.

Komentar»

1. Tanti - November 15, 2010

wah sekarang KJRI sudah ada mesjid ya…dulu tahun 79 belum ada..skolahnya juga belum jadi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: