jump to navigation

Penerimaan Siswa Baru 2010 April 29, 2010

Posted by joesti in Uncategorized.
trackback

Sebagai salah satu instansi pendidikan di Kota Semarang, SMK Negeri 7 Semarang tentu melaksanakan aktivitas tahunan bertajuk “Penerimaan Peserta Didik Baru” atau lebih dikebal sebagai pe-es-be. Meski bertitel SMK RSBI, berdasarkan jadwal yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang, SMK Negeri 7 Semarang melaksanakan PPD sesuai jadwal reguler atau bersama-sama sekolah non RSBI lainnya. Kenapa ya? :???:. Waktu tulisan ini diangkat, jadwal resmi belum diterbitkan.

Syarat Peneriman Peserta Didik SMK sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang no. 420/2028 tertanggal 16 April 2010 adalah sebagai berikut :

a. lulus SMP/MTs (Madrasah Tsanawiyah) dengan menunjukkan ijazah SMP/MTs atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP ;
b. usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru;
c. berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah yang ditunjuk oleh dinas;
d. mengikuti tes khusus yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan; dan
e. memenuhi persyaratan khusus sesuai tuntutan program keahlian yang ditentukan oleh satuan pendidikan.

Sementara seleksi penerimaan peserta didik diatur sebagai berikut :

(1) seleksi

  • menggunakan nilai ujian nasional (UN) SMP tertulis dan nilai tes khusus (NTK);
  • calon peserta didik mendapat tambahan nilai kemaslahatan (NK) apabila anak pendidik atau tenaga kependidikan yang mendaftar pada satuan pendidikan tempat orang tuanya sebagai tenaga pendidik atau tenaga kependidikan, anak pendidik yang mendaftar pada satuan pendidikan bukan tempat orang tuanya sebagai tenaga pendidik berada pada dalam rayon, serta anak pendidik yang mendaftar pada satuan pendidikan bukan tempat orang tuanya sebagai pendidik berada pada luar rayon;
  • calon peserta didik mendapat tambahan nilai lingkungan (NL) apabila bertempat tinggal atau berdomisili di sekitar satuan pendidikan yang dibuktikan dengan KK dan untuk calon peserta didik warga miskin yang bertempat tinggal atau berdomisili di sekitar satuan pendidikan dibuktikan dengan KK calon peserta didik sudah berdomisili sedikitnya 6 (enam) bulan sebelum waktu pendaftaran, terhitung mulai tanggal 28 Desember 2009;
  • calon peserta didik mendapat tambahan nilai prestasi (NP) apabila berprestasi di bidang: akademik, olah raga, kesenian, dan bidang keterampilan baik pribadi maupun kelompok; dan
  • nilai akhir digunakan sebagai dasar peringkat calon peserta didik yang merupakan penjumlahan nilai UN ditambah NTK ditambah NP ditambah NK ditambah NL.

(2) Nilai tambahan sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf b, c dan d tercantum pada lampiran III Peraturan kepala dinas ini.

(3) Rumus perhitungan nilai akhir sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf e tercantum pada lampiran IV Peraturan kepala dinas ini.

(4) Apabila terdapat nilai akhir yang sama maka penentuan peringkat mengutamakan:

  • lulusan akselerasi
  • usia calon peserta didik yang lebih tinggi;
  • pilihan 1 (satu); dan
  • nilai tes khusus.

(5) Calon peserta didik lulusan sebelum tahun pelajaran 2007/2008 nilai IPA menggunakan nilai ujian akhir satuan pendidikan (UAS).

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: