jump to navigation

Mencoba Open Office 3.2 Maret 6, 2010

Posted by joesti in Uncategorized.
trackback

Untuk beberapa pekerjaan tertentu misalkan Office, aku menggunakan open software. Paling sering menggunakan Open Office di atas Mandriva. Beberapa waktu lalu muncul infomasi telah hadir Open Office 3.2, sebelumnya aku menggunakan Open Office 3.1.1. Tak ada salahnya mencoba. Dengan koneksi yang selalu putus nyambung (hikhik) akhirnya kudapatkan paket lengkap Open Office. Untung ada KGet, sehingga proses unduhnya lebih nyaman.

Tuntas unduh, aku pasang di laptop yang kupakai sehari-hari. Tentu saja instalasinya ala Linux, gabungan text dan GUI. Setelah instalasi selesai, aku periksa apa saja yang berubah. Pertama yang berubah adalah konfigurasi yang terpasang otomatis. Sewaktu aku mengganti Open Office 2.x ke Open Office 3.x, menu Office menampilkan dua pilihan, akan menggunakan Open Office 2.x atau 3.x. Waktu itu untuk menghindari pilihan menu ganda ini, aku meng-uninstall Open Office 2.x, toh nanti aku akan memakai 3.x. Nah instalasi kali ini tidak menampilkan menu ganda. Menu office langsung ter-update ke Open Office 3.2, tanpa harus menginstal versi lama.

Open Office ini juga dilengkapi dengan OO Printer Administrator, aku belum menjumpai sebelumnya. Tampaknya untuk pengendali printer ya. Namun sayang belum dapat aku coba, printer di kantor masih tetap tak dapat dideteksi laptop ini. Kasihan deh aku. Perangkat-perangkat lain pun relatif tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja Open Office ini belum dapat membuka Power Point dari MSOffice 2007. Selanjutnya tetap belajar ya, ganti-ganti program konon bikin otak lebih fresh, lebih tertantang.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

