jump to navigation

Video Conference Bersama Gubernur Januari 15, 2010

Posted by joesti in Uncategorized.
trackback

Dalam pertemuan ICT Jawa Tengah bertajuk instalasi Seadunet yang dilaksanakan minggu lalu, juga dibahas agenda video conference yang melibatkan beberapa titik RSBI di Jawa Tengah. Titik-titik yang terhubung adalah Kota Semarang, Kota Tegal, Kota Magelang, Kabupaten Pati, Kota Surakarta dan satu titik dari industri. Pusat vicon berada di Magelang, dimana Gubernur Jawa Tengah akan melaksanakan vicon dari kota tersebut. Dari Kota Semarang ditunjuk SMK Negeri 7 Semarang, tak lain tak bukan sekolah tempatku bekerja sekarang.

Permasalahan utama adalah tidak tersedianya node Jardiknas di tempatku sementara rencana vicon menggunakan jalur Jardiknas. Satu solusi dikeluarkan yaitu mengontak Telkom untuk dibuatkan satu sambungan vicon, bahasa sederhananya mengontrak Telkom untuk melaksanakan vicon. Telkom telah dikontak, mereka dapat membantu dengan sistem kontrak sewa. Biaya? Rp. 15.000.000/jam (lima belas juta rupiah perjam) :shock:. Sekolah mana sanggup.

Ketidakpastian koneksi membuat kami nyaris patah arang. Dalam rapat koordinasi tingkat Jawa Tengah tanggal 14 Januari terlontar keinginan bahwa kami tidak ikut dalam even vicon ini. Lontaran ini mengundang simpati beberapa teman, dari Dinas Propinsi menawarkan sarana prasarana untuk kami pakai, namun kebijakan pimpinan tidak memungkinkan. Saran lain datang dari seorang teman untuk menggunakan jalur speedy, jalur yang sehari-hari kami pakai. Kami menggunakan 4 buah speedy masing-masing 1MBps. Untuk melaksanakan vicon dibutuhkan bandwidth minimal 3 Mbps atau tercapat upstream minimal 384 Mbps. Menggabungkan 4 jalur menjadi satu? Bagaimana caranya? Alatnya apa? Analisaku dibutuhkan router dengan 5 port data. Jelas sekolah tidak punya. Beli langsung pun tak ada. :arrow:. Belakangan saran menggunakan speedy ternyata bukan saran yang tepat, speedy menggunakan alamat alias dengan perbandingan tidak satu banding satu. Vicon kita tidak akan dikenal.

14 Januari sore, kami nekat aja. Pokoknya pasang dengan jalur 1 Mbps, yang penting di MCU pusat terdapat box bertitel SMKN 7 Semarang. Perkara kotaknya blank tidak menjadi masalah. Yang penting kapling tempat. Utak-atik routing tidak kunjung kelar, jam 19.30 baru ada informasi kalau kita bisa menggunakan IP public dari ISP. Buruan kontak ISP, dan mendapat IP public (kalau saja tahu bisa menggunakan ISP sejak awal, lebih enak kan ;)). Masalah baru muncul koneksi yang terjalin putus nyambung. Konsultasi dengan Jakarta. itu disebabkan interferensi gelombang wifi, bisa jadi. Pembangunan gedung-gedung tinggi di sekitar sekolah memang sedang marak. Konsultasi dengan ISP, kita harus menggunakan IP publik yang lain. Kebetulan gateway Seamolec menggunakan IIX, jadi kami pun pakai IIX. Namun IP tersebut baru aktif tanggal 15 pagi. Tak apalah yang penting nomor kita didaftarkan ke Jakarta.

Tanggal 15 Januari pagi, buru-buru setting dilanjutkan. Kontak dengan beberapa teman via vicon berjalan tersendat-sendat. Informasi dari Jakarta menyatakan kami kekurangan bandwidth. Buru-butu bandwidth dinaikkan. Asal tahu saja untuk vicon ini kami akhirnya menghabiskan 7 Mbps perbandingan satu banding satu. :oops:. Alhamdulillah persiapan berjalan baik, materi vicon pembelajaran pun dipersiapkan ala kadarnya, secepatnya, Untung masih ada siswa di ruangan sebelah yang bisa dilibatkan. Materi yang disampaikan adalah perakitan komputer. Kami pun sempat disapa oleh Gubernur melalui jalur vicon ini. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Selesai vicon baru deh terasa capeknya. Memang seperti ini pekerjaan kami, terdesak waktu, muncul ide, dan Alhamdulillah, Allah membantu jalan kami.

Komentar»

1. prayitno - Maret 15, 2010

Alhmdulilah….bisa berjalan walaupun dengan deg”an dihati saat membacanya🙂

2. denil - Mei 4, 2011

Sekarang ini teknologi Videoconference, sedang trend dengan menggunakan desktop ( berbasis WEB ) sehingga bw bukan menjadi permasalahan untuk komunikasi secara audiovisual.
Dengan menggunakan Radvision klient yang berada didaerah bisa berkomunikasi conference by laptop dengan media internet, berbasis web.

Untuk info bisa dilihat di http://www.artapa.com

Regards,
denil
08128061207


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: