jump to navigation

Workshop MGMP di LPMP Jateng Mei 24, 2009

Posted by joesti in Uncategorized.
trackback

Berbekal surat tugas dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, aku ditugasi mengikuti workshop MGMP tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan di LPMP Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung dari Sabtu 23 Mei 09 hingga Selasa 26 Mei 2009. Peserta tentu saja dari guru-guru se-Jawa Tengah.

Aku berangkat dari bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mestinya bidang ini paling gemuk karena tiap kota/kabupaten mengirimkan wakil. Terlebih lagi bidang TIK terdiri dari 4 KK, teknik komputer dan jaringan, rekayasa perangkat lunak, multimedia, dan animasi. Beberapa peserta bidang TIK sudah aku kenal lewat komunitas ICT atau LSP Telematika.

Materi yang disajikan pun beragam dari Spektrum Kurikulum, KKM, Silabus dan lain-lain. Semua materi tentu saja terkait dengan tugas-tugas sebagai guru.

Satu hal yang membuatku menjadi pusing adalah pergeseran kurikulum. Kurikulum yang aku terima bulan September 2008 ternyata berbeda dengan kurikulum yang aku terima di sini. Kalau melihat tanggal data, kurikulum yang kuterima di LPMP lebih uptodate, tertulis disusun Februari 2009. Tentu saja aku hanya melihat program TKJ. Perbedaan yang kulihat adalah di dasar kompetensi kejuruan sekarang ada 3 standar kompetensi, sementara versi September 2008 terdapat 8 standar kompetensi. Sementara kompetensi kejuruan di versi Sept08 terdapat 11 standar kompetensi, sekarang terdapat 19 standar kompetensi. Terdapat standar kompetensi baru yang muncul yaitu elektronika dan keselamatan kerja. Mumet aku. :roll:

Gimana nih solusinya? Sebentar lagi dah harus bagi LHBS lho.

Komentar»

1. zuhri - Mei 31, 2009

oh ya sama baru tahu spektrum 2008. trim atas alamat yang diberi. sy teman sekelas di mgmp smk lpmp ruang 331dari smkn 2 slawi

2. Editor Teks Buku SMK - Juni 24, 2009

Salam
Wah ini pak guru yang habis penataran. Oh iya, spektrum sekarang sebenarnya bukan masalah besar. Namun, SK KD yang berganti tentunya yang membuat sekolah harus meninjau kembali kurikulum KTSP yang telah dibuat. Hal itu beralasan sebab SK KD sesuai spektrum 2008 telah berganti. Namun demikian lebih simpel.
Info saja sebenarnya saya juga punya materi tentang sosialisasi KTSP 2009 dari puskur. Isinya ya untuk sma dan SMK. Pada materi itu intinya terdapat tiga pembagian sosialisasi, yaitu Umum, Khusus, dan Pokok. Klo tidak salah juga ada wacana SKS untuk SMK. Trus SK dan KD terbaru ak juga lengkap lo.

3. Asrin - Mei 23, 2010

sama ……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: