jump to navigation

LKS 2009 oh LKS…. Mei 24, 2009

Posted by joesti in Uncategorized.
trackback

Lomba Keterampilan Siswa (LKS) adalah sebuah ajang lomba yang melibatkan peserta didik SMK. Dalam ajang ini, siswa SMK diuji dan dilombakan dalam salah satu mata lomba kompetensi (sekitar 50+ mata lomba). Bidang lomba memang tidak sama dengan kelompok kompetensi yang digariskan SMK, namun ditekankan pada produk/jasa yang dapat disediakan oleh SMK. LKS juga merupakan lomba struktural artinya lomba dilaksanakan dari tingkat kota/kabupaten dan berlanjut hingga tingkat nasional. Juara di tingkat kota/kabupaten akan mengikuti ajang di tingkat propinsi, dan juara di tingkat propinsi akan mengikuti ajang di tingkat nasional.

LKS Nasional tahun 2009 dilaksanakan di Jakarta tepatnya di arena JIExpo atau arena Pekan Raya Jakarta kawasan Kemayoran. Menempati hanggar-hanggar pesawat yang disulap menjadi arena lomba, ratusan siswa beradu keterampilan dalam lomba-lomba yang diikuti. Kebetulan aku sudah beberapa kali mengikuti ajang LKS tingkat nasional baik sebagai pembimbing ataupun sebagai penggembira :-). Kali ini aku sebagai penggembira, Alhamdulillah sempat mengunjungan arena lomba bersama rekan-rekan program TKJ. Kamis, 21 Mei 2009 kami berangkat mengunakan Mandala take jam 06.10 WIB, wuih keren bro.

Dari beberapa LKS yang aku ikuti, sayang LKS tahun ini bagiku paling menyedihkan :cry:. Pertama dari sisi penggunaan ruang lomba. Lomba dilaksanakan di arena terbuka tanpa sekat antar mata lomba. Jadi kita-kita bisa lihat kemana saja, baik pengunjung atau peserta mata lomba lain. Dibutuhkan konsentrasi lebih untuk berlomba di arena terbuka. Sedang asyik coding, tahu-tahu ada cewek lewat hihihi, buyar deh. Penggunaan hanggar ini plus hati-hati lho, jaga kesehatan biar tidak masuk angin. Ruang publik pun kurang luas, yang mengakibatkan para pendamping harus merelakan diri menunggu di selasar antar ruang lomba.

Saat makan pun sempat jadi masalah, pengiriman nasi terlambat sehingga harus kreatif cari makan di luar. Saat berangkat ke tempat lomba beberapa anggota peserta tidak sempat sarapan, karena keburu ditinggal bis. Ini Jakarta, terlambat sedikit kita kena macet.

Persiapan lomba pun kurang cepat, jumat pagi (22/5)seharusnya lomba sudah dimulai namun terpaksa diundur hingga ba’da jumatan karena sarana lomba belum siap. :shock: Ba’da jumatan aku sempat keliling lagi, ternyata masih ada juga mata lomba yang belum siap. Blaik ! Sore hari itu aku harus pulang, jadi takbisa memantau lagi. Dengan otak penuh tanda tanya dan harap, kembali ke Semarang dengan Sindoro. zzzzzzzzzzzz

Memang tak ada gading yang tak retak. Semua akan bisa kita perbaiki untuk ajang yang akan datang. SMK Bisa !

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: