jump to navigation

Mencoba Open Office 3.0 April 30, 2009

Posted by joesti in Belajar.
trackback

imgMencoba-coba aplikasi tampaknya memang harus menjadi kewajiban semua orang di bidang TIK, termasuk aku. Kali ini aku mencoba aplikasi office. Entah berapa kali aku ganti-ganti office, pengennya kalo ada software, ada waktu, coba saja. Office yang kupakai kali ini adalah Open Office v3 keluaran Sun Microsystem. Kalo keluaran Sun Microsystem tampaknya sudah mempunyai jaminan deh. Father of Java ini memiliki jaminan dalah software, paling tidak ukuran file-filenya yang minimal (dibanding Windows). Installer Open Office sekitar 145 MB (MS Office >500 MB), setelah diinstal akan menggunakan memori sekitar 300 MB.

Open Office v3 yang kuintal di laptop menyedikan beberapa aplikasi yaitu Writer (pengolah kata), Calc (lembar sebar), Base (basis data), Draw (,drawing, gambar), Impress (presentasi), dan Math (equation). Pertama mencoba Writer dan Calc, mirip dengan MS Office 2003. Pada Writer, zoom sudah dipindahkan ke bagian kanan bawah mirip MS Office 2007, lainnya masih mirip MS 2003. Kalau presentasi memang beda jauh, duh penyesuaiannya cukup sulit nih. Yang paling bingung bagiku adalah Math, nulis persamaan-persamaan dengan kode-kode khusus, kok mirip LaTex ya.

Kelebihan Open Office sejak awal adalah mampu membaca file-file yang dikerjakan dengan MS Office. Hanya saja kalau file dokumen dari MS Office menggunakan gambar,masih berantakan jika dibuka pake Open Office. Tuh gak enaknya :cry:. Harus edting lagi atau kembali ke MS Office (tuh curang kan) ;). Dan yang penting lagi software ini bebas diperoleh tanpa harus membeli. Jadi gak perlu mbajak ya. Open Office sudah memenuhi keperluan kantor setidaknya bagiku. Ikut mencoba, silakan aja.

Komentar»

1. mujab - Juni 14, 2009

sekalian di kasih link buat downloadnya donk.. .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: