jump to navigation

Workshop BPM Ungaran Maret 4, 2009

Posted by joesti in Uncategorized.
trackback

Balai Pengembangan Multimedia (BPM) adalah sebuah badan pengembangan pembelajaran di bawah koordinasi Pustekkom, Depdiknas. Secara garis besar BPM bertugas mengembangkan model-model pembelajaran atau menyediakan alternatif-alternatif konten belajar di Indonesia. Melihat perkembangan pembelajaran ke depan, dimana perangkat mobile akan menjadi alternatif media pembelajaran BPM memandang perlu untuk mengkaji kemungkinan-kemungkinan penggunaan mobile device.

Kebetulan aku juga diundang sebagai salah satu orang yang diundang sebagai salah satu peserta. Alhamdulillah, di ajang ini aku bisa ketemu pak Agung Harsoyo, salah satu dosen favorit di masa kuliah di ITB dulu. Bersama juga Kang Tamim, Yogyakarta, teman lama di kampus Ganesha juga. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Ungaran Cantik tanggal 2 s.d 4 Maret 2009. Diharapkan dari kegiatan ini akan dapat dirumuskan kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mengembangkan mobile learning.

Beberapa peserta menyampaikan gagasan, ide maupun inovasi baru untuk memanfaatkan perangkat mobile sebagai sumber belajar. Secara sederhana ada dua ide mendasar yaitu menggunakan Java atau menggunakan FlashLite. Tentu saja kedua platform ini memilii kelebihan dan kelemahan masing-masing. FlashLite menawarkan kemudahan produksi dan hasil yang relatif indah, sementara Java menawarkan platform yang lebih matang dengan dukungan Sun Microsystem. Setelah melalui beberapa diskusi, workshop menyimpulkan untuk menyusun draft skenario tampilan mobile learning, sehingga penyedia konten dengan platform apapun dapat seragam menampilkan pelajaran.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: